vfRLx8H2uqdqBCqTEItJFZCD3xp6D4LE2kPIUYxS

Tradisi Masyarakat Jabung Menyambut Tahun Baru Islam


JS, JABUNG - Masyarakat di tiga desa kecamatan Jabung Lampung Timur memiliki tradisi menyambut tahun baru Islam yang masih dilestarikan di era modern ini.

Memasuki tahun baru Islam 1 Muharram  1442 ini sudah menjadi kebiasaan masyarakat Jabung melaksanakan kegiatan syukuran yang dilaksanakan secara terbuka khususnya di tiga desa yaitu Desa Negara Batin, Desa Jabung, dan Desa Negara saka.

1 Muharam tahun 1442 ini masyarakat melaksanakan kegiatan syukuran di desa Negara Batin, tepatnya di Perempatan Desa Negara Batin.

Sekretaris desa Negara Batin Mk Radin Ibrahim mengatakan pada awak media yang meliput kegiatan ini bahwa syukuran yang rutin digelar setiap tahun baru Islam ini untuk memohon kepada yang Tuhan Yang Maha Kuasa agar dijauhkan dari bala dan musibah serta semua kegiatan masyarakat di ridhoi Allah SWT.

“Acara dipimpin oleh salah satu tokoh tertua masyarakat yaitu Temenggung Lebih. Acara tersebut berlangsung kurang lebih selama 2 Jam selesai pada pukul 12.00, sedangkan proses persiapan dari pagi hari” terang Mk Radin.

Di akhir rangkaian acara syukuran tersebut adalah Langekhan atau pembagian air yang sudah di doakan untuk tolak bala dan musibah kepada masyarakat yang hadir pada acara tersebut.(*/MS)

Related Posts

Related Posts

Post a Comment