vfRLx8H2uqdqBCqTEItJFZCD3xp6D4LE2kPIUYxS

Simulasi Pilkakon Serentak Pringsewu 2021 Digelar Di Mapolda Lampung

JS, Pringsewu - Kepolisian Resor (Polres) Pringsewu bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) kabupaten Pringsewu dan dibantu Pendamping Desa (P3MD) menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara pemilihan Kepala Pekon serentak kabupaten Pringsewu di Mapolda Lampung. Senin (22/02/21) pagi.

Simulasi yang memperagakan beberapa skenario dan antisipasi pengamanan serta penegakan disiplin protokol kesehatan tersebut disaksikan langsung oleh Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto, M.Si, Wakapolda Lampung Brigjen Pol Subiyanto serta para pejabat utama Polda Lampung.

Selain itu turut dihadiri oleh Kapolres Pringsewu AKBP Hamid Andri Soemantri, S.Ik Dandim 0424 Letkol Inf Arman Arissalo, Kepala dinas PMD Eko Sumarmi, Kepala Kesbangpol Sukarman, Koordinator Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) dan 364 personil Gabungan Polda Lampung yang akan melaksanakan BKO di Polres Pringsewu.

Koordinator Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Nina Citra Ivana disela-sela kegiatan Simulasi Pemilihan Kepala Pekon tersebut mengatakan merupakan bentuk semangat untuk menerapkan Prokes dalam pelaksanaan Pilkakon serentak pada  24 Februari 2021.

"Peran yang dilakoni oleh Pendamping Desa mampu menyampaikan pesan bahwa Cluster Pilkakon tidak akan muncul di kabupaten Pringsewu pada proses pilkakon nanti', ungkapnya

Lanjut Nina Citra Ivana, diibatkannya Pendamping Desa dalam Simulasi Pilkakon Serentak 2021 diharapkan mampu bersinergi maksimal dan dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam pelaksanaan suksesi tingkat desa atau pekon.

Sementara dalam kesempatan yang sama Kapolda Lampung Purwadi Arianto, M.Si dalam arahannya mengatakan bahwa simulasi dilakukan untuk mengetahui situasi dan kondisi serta kerawanan yang terjadi saat pelaksanaan Pilkakon yang dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19. 

Simulasi dilaksanakan di Polda Lampung dan dilihat langsung oleh para personil yang akan melaksanakan BKO tersebut juga bertujuan agar personil yang akan melaksanakan pengaman di TPS bisa mengetahui tahapan dan pola pengaman yang akan dilakukan.

Dalam kesempatan itu Kapolda Lampung menyampaikan bahwa dalam rangkaian Pilkakon serentak kabupaten Pringsewu polri menerjunkan setidaknya 785 personil guna melakukan pengamanan di 220 TPS yang tersebar di 48 Pekon yang berada di 9 kecamatan di Kabupaten Pringsewu. (*/nhl/js)

Related Posts

Related Posts

Post a Comment