vfRLx8H2uqdqBCqTEItJFZCD3xp6D4LE2kPIUYxS

Finalis Putri Ekowisata Lampung 2021 Kunjungi Wisata Mangrove Teluk Pandan

JS, Pesawaran - Finalis Putri Ekowisata Tingkat Provinsi Lampung 2021 mengunjungi wisata mangrove Petengoran Desa Gebang Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran. 

Dalam kunjungannya, Sabtu (26/6/2021) Finalis Putri Ekowisata Lampung Yulia Astuti juga melakukan pembuatan foto, dan video, serta menanam bibit mangrove.

"Kehadiran saya di tempat tersebut, untuk memanfaatkan sarana destinasi wisata mangrove sebagai profil diri, dan media sarana pembuatan video, karena pemandangannya bagus dan banyak spot untuk berfoto," ujar Yulia

Ia sangat mengapresiasi keindahanan mangrove dan laut yang ada pada destinasi wisata tersebut.

“Setelah saya berkeliling ternyata tempatnya bagus dan tak perlu diragukan lagi, disini kita bisa merasakan kesejukan dan ketenangan dengan memandang luasnya hutan mangrove dan air laut nan indah di alam bebas,” ucapnya.

Menurutnya, keindahan tersebut merupakan bukti dari kerja para tim pelestari mangrove dan warga dalam menjaga kawasan hutan mangrove dan ekosistem lainya agar tidak rusak.

"Selain menjaga hutan bakau atau mangrove tetap utuh dan alami, tentunya juga ada sisi ekonomi, bahkan dapat menekan wabah endemis malaria atau penyakit demam berdarah di wilayah pesisir ini," timpalnya.

Ia juga mengatakan, seharusnya pihak pengelola bisa melengkapi fasilitas sarana dan prasarana serta wahana wisata yang ada tanpa merusak alam di sekitarnya. 

"Karena, jika dilihat dari sisi fasilitas yang ada tentu dibangun tidak semudah membalikan telapak tangan, termasuk biaya perawatannya pun cukup luar biasa. Inipun patut diapresiasi bila perlu diberikan penghargaan sebagai pahlawan mangrove," katanya.

Mahasiswi Politeknik Negeri Lampung tersebut turut memberikan support terhadap destinasi wisata itu agar menjadi lebih maju dan berkembang serta dapat membantu perekonomian warga sekitar.

"Tentu saja saya akan ikut andil membantu mempromosikan wisata ini, apalagi telah bekerjasama dengan Polinela dan disupport salah satu dosen program perjalanan wisata,” timpalnya.

Sementara, pelestari mangrove Petengoran Desa Gebang, Toni Yunizar didampingi Kepala Dinas PMD Pesawaran M. Zuriadi dan Sekretaris Desa Gebang Jauhari usai meninjau lokasi wisata, menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas support dari salah satu Finalis Putri Ekowisata II Tingkat Provinsi Lampung 2021.

"Terima kasih kepada mbak Yulia Astuti menempatkan wisata mangrove petengoran sebagai salah satu sarana diajang Putri Ekowisata II Tingkat Provinsi Lampung 2021, semoga wisata mangrove petengoran menjadi terbaik," harap Toni.

Ia juga mengatakan wisata mangrove petengoran yang dahulunya terbilang zona endemis malaria atau DBD tertinggi termasuk di Teluk Pandan, namun setelah dirawat dan dijaga sampai dipertahankan kawasan mangrove ini menjadi wajah destinasi wisata tanpa merubah alam yang ada.

"Alhamdullilah berkat dijaga, dirawat, dan difungsikan pelestariannya, hutan mangrove tetap utuh dan alami sehingga menurunnya endemis malaria dan DBD yang saat ini dirasakan warga," pungkasnya.(*/nhl)
Related Posts

Related Posts

Post a Comment