vfRLx8H2uqdqBCqTEItJFZCD3xp6D4LE2kPIUYxS

Pemkab Pringsewu Bersiap Sambut Jokowi

JS, Pringsewu - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo  di jabwal akan berkunjung ke Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung,Kamis ( 17/6)

Kunjungan orang nomor satu di Indonesia tersebut direncanakan akan meresmikan Bendungan Way Sekampung yang berada di Pekon Bumi Ratu, Kecamatan Pagelaran.

Kepala bagian Tata Pemerintahan Sekdakab Pringsewu, Ihsan Hendrawan mengatakan, pihaknya sudah melakukan rapat lintas sektor untuk menyiapkan kedatangan Jokowi.

"Ya kami tadi melakukan rapat persiapan internal yang dihadiri seluruh OPD dan para camat, dan Kepala Pekon Bumi Ratu," kata Ihsan Hendrawan,Senin (14/6)               

Meskipun sampai saat ini belum ada surat resmi dari Staff Kepresidenan yang ditujukan ke Pemkab Pringsewu tapi pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan.

"Tapi kami pemerintah daerah sudah bersiap-siap karena info dari Sekda, rencananya Jokowi akan datang tanggal 17 ini," ucap dia.

Dikutip dari halaman kementri PUPR, Bendungan Way Sekampung memiliki kapasitas tampung 68 juta meter kubik per detik yang akan dimanfaatkan untuk penyediaan air irigasi sebesar 55,373 hektar.

Selain itu, air irigasi untuk ekstensifikasi berupa pengembangan daerah irigasi rumbia extension dengan potensi luas 17.334 hektar.

Manfaat lain Bendungan Way Sekampung adalah sebagai penyedia air baku sebesar 2.482 liter per detik untuk Kota Bandar Lampung, Branti, Kota Metro.
Kemudian, mereduksi banjir sebesar 185 meter kubik per detik dan berpotensi sebagai sumber Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) sebesar 5,4 megawatt (MW).

Konstruksi Bendungan Way Sekampung terbagi menjadi 4 paket yaitu paket 1 dikerjakan oleh PT PP (Persero) Tbk dengan PT Ashfri dengan nilai kontrak Rp 923 miliar.
Kemudian, paket 2 dikerjakan PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk dengan nilai kontrak Rp 863,8 miliar.
Sedangkan untuk paket 3 dikerjakan PT PP (Persero) Tbk dan PT Ashfri dengan nilai kontrak Rp 152,8 miliar, serta paket 4 dikerjakan PT Waskita Karya (Persero) Tbk senilai Rp 135 miliar.

Penulis : Nurul Ikhwan
Related Posts

Related Posts

Post a Comment