vfRLx8H2uqdqBCqTEItJFZCD3xp6D4LE2kPIUYxS

Kepergok Warga Pelaku Gagal Bawa Kabur Motor

JS, Pringsewu- Seorang pelaku curanmor berinisial IF (20), gagal menjalankan aksinya setelah kepergok warga saat melakukan pencurian sepeda motor di kawasan Pasar Sumberagung kecamatan Ambarawa Kabupaten Pringsewu.

Kasat Reskrim Iptu Feabo Adigo Mayora Pranata menuturkan, aksi pencurian terjadi pada Sabtu (5/3/22) malam sekira pukul 22.00 Wib.

Pelaku berjumlah empat orang dengan mengendarai dua unit sepeda motor berusaha menggasak satu unit sepeda motor Honda Vario No.Pol F 4466 GJ, milik korban, Hani Wibowo (21), yang sedang terparkir dihalaman rumah rekannya.

Karena kurangnya pengawasan, dengan mudah dua pelaku berhasil membobol kunci kontak sepeda motor korban, dan juga sempat mendorong menjauh dari lokasi.

Tapi malang, pelaku tidak bisa menghidupkan sepeda motor hasil curian dan kemudian dipergoki warga sekitar.

"Mengetahui aksinya diketahui warga, tiga pelaku berhasil kabur sedangkan satu pelaku berhasil diamankan warga. Sepeda motor korban juga tidak sempat dibawa pelaku,"ujarnya mewakili Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi, SIk, M.Ik pada Minggu (6/3/22) siang.

Setelah menerima laporan warga, kata Feabo melanjutkan, Kepolisian langsung diterjunkan ke TKP guna melakukan olah TKP dan pengembangan kasus.

Hasilnya, di Sekitar TKP Polisi berhasil  menemukan satu buah kunci leter-T yang digunakan para pelaku saat melakukan pencurian

Tah hanya itu, berselang satu jam kemudian, Polisi berhasil meringkus satu pelaku lain, berinisial RN (20), warga Gang Cempaka Kelurahan Pringsewu Utara Kecamatan Pringsewu.

"RN kami ringkus saat sedang berada dirumahnya sekira pukul 23.00 Wib. Selain RN Polisi juga berhasil mengamankan satu unit sepeda motor Honda Beat No.Pol BE 5253 IK, yang digunakan saat melakukan aksi pencurian,"ungkapnya.

Guna kepentingan proses hukum selanjutnya, kedua pelaku berikut barang bukti digelandang ke Mapolres Pringsewu.

"Saat ini kedua pelaku sedang dalam proses pemeriksaan intensif dari tim penyidik. Selain itu, tim khusus anti bandit Sat Reskrim  Pringsewu juga sedang memburu dua pelaku lainya yang sudah diketahui identitasnya tersebut," terang Kasat Reskrim.

Sementara itu Kapolres Pringsewu  AKBP Rio Cahyowidi menambahkan, Polres Pringsewu mengapresiasi tindakan warga yang tidak main hakim sendiri saat mengamankan pelaku kriminalitas. 

“Saya mengapresiasi, bahwa sistem pencegahan kejahatan di wilayah hukum Kabupaten Pringsewu cukup baik. Ditandai dengan banyaknya pelaku tindak pidana yang diamankan oleh warga masyarakat,” ujarnya.

Kemudian, Adanya peningkatan trend kasus pencurian bermotor terakhir ini, kapolres mengimbau masyarakat, khususnya yang memiliki kendaraan bermotor untuk lebih waspada dalam memarkirkan kendaraanya.

Rio menegaskan, bahwa Aparat Kepolisian tidak tinggal diam dan sedang bekerja keras mengungkapnya.

“Di beberapa waktu terakhir, memang secara statistik ada kenaikan tindak pidana curanmor di Kabupaten Pringsewu. Ini masih dalam penyelidikan dan pengembangan satreskrim Pringsewu, mudah-mudahan dalam waktu dekat kita bisa menangkap para pelaku curanmor tersebut.” tandasnya.(red)
Related Posts

Related Posts

Post a Comment