vfRLx8H2uqdqBCqTEItJFZCD3xp6D4LE2kPIUYxS

Lampung Juara Tiga Kategori Lomba TTG Nusantara XXIII 2022


JS, Cirebon - Kepala Dinas PMDT Provinsi Lampung, Dr. Zaidirina S.E.,M. menghadiri Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nusantara XXIII Tahun 2022 di Aston Cirebon Hotel & Convention Provinsi Jawa Barat. Acara dibuka secara resmi oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrsi Republik Indonesia, Dr. Drs. H. Abdul Halim Iskandar, M. Pd., Rabu (19/10).

Gelar TTG Nusantara merupakan puncak kegiatan lomba TTG Tingkat Nasional, sekaligus sebagai ajang temu nasional para inovator TTG  Nusantara.

Acara ini merupakan agenda rutin tahunan Kementerian Desa yang bertujuan untuk memasyarakatkan inovasi hasil TTG, sekaligus sebagai ajang promosi dan pertukaran informasi terkait pengembangan serta pemanfaatan TTG untuk kemajuan ekonomi masyarakat, khususnya di desa.

Abdul Halim Iskandar jelaskan ada empat pasal yang harus dilaksanakan oleh pemerintah Desa tentang TTG. Pertama adalah kepala desa dalam menjalankan tugas pemerintahan desa, pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa, serta pemberdayaan masyarakat desa, harus memanfaatkan teknologi tepat guna yang terdapat dalam pasal 26 ayat 2. Kedua, dalam pengembangan dan penggunaan TTG harus dipertimbangkan ketika pemerintah desa menetapkan prioritas program kegiatan pembangunan desa di dalam musyawarah desa, terdapat dalam pasal 80 ayat 4. Ketiga, pembangunan kawasan perdesaan salah satunya harus ditempuh dengan pengembangan dan penggunaan teknologi tepat guna terdapat dalam pasal 83 ayat 3. Keempat, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam menjalankan urusan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, salah satunya harus ditempuh juga dengan penerapan hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna dan temuan baru, untuk kemajuan ekonomi dan pertanian masyarakat desa terdapat dalam pasal 112 ayat 3.

Sedangkan dalam arah kebijakan pembangunan desa, dalam hal ini SDGs Desa, pengembangan dan penggunaan TTG merupakan pencapaian SDGs desa tujuan yang ke sembilan, yaitu infrastruktur dan inovasi desa sesuai dengan kebutuhan.

Dalam acara Gelar TTG Nusantara ke XXIII ini, Provinsi Lampung meraih juara di tiga kategori lomba yang diselenggaran oleh Kementerian Desa PDTT. Tiga kategori lomba tersebut adalah; Kategori teknologi tepat guna unggulan Lampung meraih juara satu yaitu dari Kabupaten Tulang Bawang Barat dengan inovatornya Sdr. Heri Irawan dengan nama alat TTGnya mesin penepung dan pencacah serba guna. Kategori lomba Posyantek berprestasi menjadi juara dua yaitu Posyantek Maju Bersama Kampung Tanggul Angin Kabupaten Lampung Tengah dengan ketua posyantekdesnya sdr. Achtiyar Eko Sudarmono. Kategori lomba Inovasi TTG juara tiga dari Kabupaten Tulang Bawang dengan inovatornya sdr. Nurhadi dengan nama alat inovasi TTG nya adalah mesin pengolah padi ramah lingkungan berbasis tenaga surya.

Dr. Zaidirina S.E.,M. mengatakan ia sangat mengapresiasi inovator atau kelompok masyarakat, yang telah mencurahkan darma baktinya untuk menciptakan alat dengan menggunakan teknologi sederhana, yang dapat dipakai untuk memudahkan aktifitas bekerja dan memberikan nilai tambah pendapatan bagi masyarakat.

Hal senanda juga disampaikan Ibnu Walidin Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Lampung, menurutnya Pemerintah Provinsi Lampung dan Tenaga Pendamping Profesional Provinsi Lampung sangat serius terhadap pengembangan TTG di Provinsi Lampung. Beberapa kegiatan yang rutin dilaksanakan adalah melakukan pendampingan, bimbingan teknis, peningkatan kapasitas terhadap para inovator dan pengurus Posyantek Desa. Termasuk menggelar acara Lomba TTG tingkat Provinsi dalam rangka memunculkan inovasi-inovasi TTG baru di wilayah Provinsi Lampung.(NH)
Related Posts

Related Posts

Post a Comment