vfRLx8H2uqdqBCqTEItJFZCD3xp6D4LE2kPIUYxS

Pangeran Edward Syah Pernong Ninggam Pudak Kunjungi Sai Batin Marga Dantaran


JS, Kalianda -- Sai Batin Puniakan Dalom Beliau (SPDB) Pangeran Edward Syah Pernong, Sultan Sekala Bekhak Yang Dipertuan Ke-23 Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Bekhak Kepaksian Pernong Ninggam Pudak atau mengunjungi keluarga duka Sai Batin Marga Dantaran Way Handak, Sabtu (31/10/2020).

Seperti diketahui bahwa, Sai Batin Marga Dantaran, Zainal Abidin bin A. Wahab gelar Pangeran Naga Beringsang IV  telah meninggal dunia karena sakit di rumah sakit Graha Husada Bandar Lampung pada Minggu, 25 Oktober 2020 yang lalu.

Dalam kesempatan itu, Pangeran Edward yang juga mantan kapolda Lampung juga menyampaikan terkait tahta atau kedudukan di Sai Batin Marga Dantaran.

"Pangeran Naga Beringsang Marga Dantaran IV ini kan meninggal dunia, beliau memiliki putra mahkota yaitu Ahmad Fajirin. Anak tertua laki-laki itulah sekarang menjadi Pangeran muda. Ia berperan sebagai kepala di Marga untuk meneruskan pemerintahan adat di Marga Dantaran," seperti yang disampaikan oleh Panglima Alif.

Selain itu, lanjut Panglima Alif, SPDB Pangeran Edward Syah Pernong Sultan Sekala Brak Yang Dipertuan ke 23 memberi saran bahwa saudara yang lain harus membimbing dan memberi petunjuk kepada putra mahkota Marga Dantaran karena masih muda.

"Karena masih muda, saran beliau (Pangeran Edward Syah Pernong, red) mohon petunjuk, mohon dibimbing kepada ayah-ayahnya, saudara-saudaranya empat Sai Batin yang ada di Lampung Selatan. Begitu juga dengan kami, Panglima diamanatkan ikut membimbing Pangeran di Marga Dantaran karena masih muda," ungkapnya.

Pangeran Edward Syah Pernong menurunkan pusaka kepada putra mahkota Sai Batin Marga Dantaran yakni Ahmad Fajirin bergelar Pangeran Naga Beringsang V disaksikan empat Sai Batin marga Way Handak.

Adat di Marga Dantaran secara turun temurun pemimpin tertinggi adalah Sai Batin yang bergelar pangeran. Struktur ke bawahnya yakni Dalom, Pemapah Dalom, empat paksi (paksi tiyuh, paksi kenyayan, paksi deduk, dan paksi khuguk sumokh).

Masing masing paksi memiliki Punyimbang yakni Kakhiya dan Temenggung, Batin, Khaja, Minak, Khadin, Mas, Ugokhan, Khaya, serta Segekhi Suku.
Marga Dantaran memiliki cakupan wilayah yang sangat luas, berbatasan dengan Marga Rajabasa, Marga Keratuan Menangsi, sebagian Kecamatan Penengahan wilayah Marga Dantaran, wilayah Kecamatan Sragi sebagian masuk Marga Dantaran. Kecamatan Ketapang dan Kecamatan Bakauheni masuk Marga Dantaran. Bahkan Pulau Sangiang sebagian adalah wilayah adat Marga Dantaran.

Sumber : Humas Kepaksian

Editor : Muda Setia

Related Posts

Related Posts

Post a Comment