vfRLx8H2uqdqBCqTEItJFZCD3xp6D4LE2kPIUYxS

Aksi Penanaman Pohon, Tutup Pelatihan Desa Tangguh Bencana

JS, Pringsewu -  Pelatihan pencegahan dan mitigasi pembentukan Desa Tangguh Bencana (Destana) oleh BPBD Provinsi Lampung bekerjasama dengan BPBD Kabupaten Pringsewu dilaksanakan selama enam hari bertempat di Aula pertemuan balai pekon Tanjung Rusia Kecamatan Pardasuka.

Pelatihan Desa Tangguh Bencana diikuti sebanyak 25 orang relawan dari tokoh masyarakat , tokoh agama dan tokoh pemuda dan dilaksanakan mulai hari Jum'at  sampai Rabu, (17-22) Desember 2021.

"Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan sumber daya masyarakat sehingga terbentuk masyarakat tangguh menghadapi bencana, kami mengharapkan kesiapsiagaan masyarakat bencana semakin meningkat", ungkap Edi Pamungkas, Kalak BPBD kepada awak Jurnalsewu.com, Rabu, 22/12/2021.

Ditambahkan Edi Pamungkas, Destana merupakan Desa yang memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi bencana bencana. Untuk bisa menjadi Destana, Desa harus berfungsi dengan cepat dari berbagai ancaman dan potensi bencana di wilayahnya. 

Sementara itu dalam kesempatan yang sama narasumber dalam pelatihan tersebut, Kasi Kesiapsiagaan BPBD Agus Purnomo mengatakan, pekon disebut mempunyai ketangguhan terhadap bencana ketika desa tersebut memiliki kemampuan mengenali ancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisasikan dirinya dengan segenap sumber daya yang dimilikinya untuk mengurangi kerentanan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi resiko bencana.

Menutup kegiatan pelatihan Destana, Pahrurozi Kabid PKS didampingi Agus Purnomo Kasi Kesiapsiagaan Tim  Relawan Destana melakukan aksi nyata penanaman pohon berupa Pohon Trembesi, Mahoni, Rumput Vetiver dan Buah Alpokat di bantaran Sungai Way Mincang yang mengalir pas didepan Balai Pekon Tanjung Rusia.(NH)
Related Posts

Related Posts

Post a Comment