vfRLx8H2uqdqBCqTEItJFZCD3xp6D4LE2kPIUYxS

Pelajari Desa Wisata, Wabup Pringsewu Kunjungi Nglanggeran


Wonosari - Wakil Bupati Pringsewu Fauzi melakukan kunjungan kerja ke Desa Wisata Nglanggeran yang berada di Kapanewon Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (06/12/21). 

Wakil Bupati Pringsewu bersama jajaran Dinas PMP Kabupaten Pringsewu disambut dan diterima oleh Lurah Nglanggeran Senen beserta perangkat kalurahan (istilah desa di DIY) dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat. Kunker tersebut selain untuk bersilaturahmi juga dalam rangka mempelajari keberhasilan tata kelola pemerintahan dan pariwisata kalurahan setempat. 

Menurut Wabup Pringsewu, Kalurahan Nglanggeran dapat menjadi percontohan bagi pekon di Kabupaten Pringsewu, dimana peran pemerintah daerah, aparat kalurahan beserta  masyarakat dapat bersinergi mendorong kepariwisataan sebagai salah satu penggerak perekonomian dan pembangunan  . 

Untuk diketahui, Desa Wisata Nglanggeran menjadi salah satu Desa Wisata Terbaik Dunia tahun 2021 yang ditetapkan oleh United Nations World Tourism Organization (UNWTO) atau Organisasi Pariwisata Dunia.

Salah satu yang menjadi unggulan di Desa Wisata tersebut, wisatawan boleh menginap dengan beberapa paket pilihan, mulai paket 2 hari 1 malam, hingga paket 7 hari 6 malam. Di sini  wisatawan dapat belajar banyak hal, baik tentang flora dan fauna, pertanian, seni dan budaya, pengolahan cokelat, membuat batik kayu dan batik tulis, beternak kambing etawa, ecospa dan juga belajar mengenai hidup bermasyarakat dengan tata krama dan kearifan lokal. (*)
Related Posts

Related Posts

Post a Comment