vfRLx8H2uqdqBCqTEItJFZCD3xp6D4LE2kPIUYxS

Paguyuban Tosan Aji Gelar Jamasan Pusaka

JS, Pringsewu - Paguyuban Tosan Aji Panjisewu mengadakan kegiatan jamasan pusaka masal dengan tema Pusaka Pemersatu Bangsa, dirumah adat jawa pekon Wates Gadingrejo kabupaten Pringsewu, Minggu (21/08/2022) 

Jamasan pusaka diikuti oleh berbagai kalangan dan etnis pusaka yang dijamaspun beragam seperti keris, tombak, badik, pedang dan pusaka lainya, jamasan juga diiringi gamelan kerawitan anak-anak sekolah dasar.

Kegiatan Jamasan pusaka dihadiri tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pencinta tosan aji dari Bandar Lampung, Lampung Timur serta Lampung Tengah.

Edi Praktikno,  ketua Paguyuban Pelestari Tosan Aji Panjisewu kabupaten Pringsewu kepada awak menggunakan kegiatan tersebut selain  penjamasan pusaka juga ajang silahturahmi pelestari tosan aji kabupaten Pringsewu.

"Melalui budaya tosan aji bertujuan untuk melestarikan budaya warisan leluhur tentang pusaka nusantara harapannya agar budaya asli indonesia tetap lestari dan terjaga", ucapnya.

Sementara Hariyadi selaku edukator tosan aji menyatakan ini adalah kegiatan yang perlu dilestarikan karena pusaka keris itu sendiri sudah diakui oleh Unesco. Sebagai cagar budaya Indonesia tak benda.

"Warisan yang harus dijaga dan dirawat dengan baik selain itu juga mengenalkan budaya pusaka kepada masyarakat secara umum dan khususnya pencinta tosan aji secara baik dan benar. mudah-mudahan menjadi simbol budaya di Pringsewu karena tidak hanya budaya pusaka Jawa ada juga budaya pusaka Lampung", pungkasnya (NH)
Related Posts

Related Posts

Post a Comment