vfRLx8H2uqdqBCqTEItJFZCD3xp6D4LE2kPIUYxS

Rapat Koordinasi Penggunaan Air Irigasi Way Tebu Sistem 4

JS-Pringsewu, Bertempat di Kantor  UPTD Wilayah 1. Dinas PSDA Provinsi Lampung, jln Jendral Sudirman, KM. 44-45, Desa Fajarisuk Kabupaten Pringsewu, Rakor Penggunaan air irigasi way tebu sistem 4 antara petani sawah dan petambak ikan kecamatan pugung kabupaten Tanggamus, dan petani sawah dan petambak ikan kecamatan Pagelaran kabupaten Pringsewu. Kamis,29/2/2024.

Membahas Pemanfaatan Bersama Irigasi Way Tebu untuk mencapai mufakat demi tercapainya pengairan yang cukup dan merata, dengan kesepakatan yang sudah ditentukan oleh OP PSDA Provinsi Lampung dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) dalam hal ini sudah dirancang dan dituangkan dalam konsep sebagai berikut. 

KONSEP KESEPAKATAN BERSAMA
"Operator Daerah irigasi way tebu sistem(BBWS dan PSDA) setuju untuk mengakomodir kebutuhan petani sawah dan petambak ikan. 

PERSYARATAN 
1.Suplai debit air dari bendung(sesuai kebutuhan luas fungsi sawah) tidak dapat ditambah karena keterbatasan daya tampung saluran dan ketersediaan air di bendung. 

2.Petambak kolam tidak boleh melakukan sadap bebas pada saluran harus melalui pintu bagi. 

3.Jika sudah tercapai kesepakatan diharapkan tidak lagi terjadi pengrusakan terhadap infrastruktur irigasi. 

4.Pihak yang melanggar kesepakatan atau merusak infrastruktur irigasi akan dilakukan proses hukum. 

OPSI PENJATAHAN AIR:
1.Tanpa gilir, petambak ikan dapat memanfaatkan debit air sebesar selisih luas fungsi dengan realisasi taman untuk di atur ditiap pintu bagi. 

2.Dengan gilir petambak ikan dapat menfaatkan debit air saat petani sawah tidak melakukan musim tanam/musim palawija. 

"Saya berharap ini bisa sama sama disepakati dan kedepan tidak ada lagi kerusakan jaringan irigasi yang ada diwilayah tebu 4 way jaha," Ujar Zaidir OP PSDA Provinsi Lampung. 

Turut hadir:
-OP PSDA Provinsi Lampung Bpk Zaidir. 
-BBSW Lampung Ibu Eka
 - Dinas Pertanian dan Perikanan Tanggamus.
-Dinas Pertanian dan Perikanan Pringsewu. 
-PUPR Kasubid SDA Miyanto
-GP3A
-IP3A
-POKDAKAN Kecamatan Pugung dan Pagelaran 
-POKTAN Kecamatan Pugung dan Pagelaran. 

Perlu diketahui bersama dalam hal ini kegunaan air bendung untuk petani sawah baru mencapai 20% di wilayah kecamatan pagelaran dan 80% petani sawah masih mengandalkan air hujan saat musim tanam,itu pun dapat ditanam jika musim rendeng/ musim penghujan,"Tandasnya. 

Raden

Related Posts

Related Posts

Post a Comment