vfRLx8H2uqdqBCqTEItJFZCD3xp6D4LE2kPIUYxS

Pemkab Pringsewu Luncurkan Naskah Sumber Arsip & Video Dokumenter Kolonisasi Pringsewu


JS, Pringsewu - Pemerintah Kabupaten Pringsewu melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan setempat bekerja sama dengan Lembaga Arsip Nasional Republik Indonesia meluncurkan Naskah Sumber Arsip dan Video Dokumenter Masa Kolonisasi Pringsewu.

Peluncuran oleh Bupati Pringsewu Sujadi di Ballroom Hotel Urban Pringsewu, Selasa (22/12/2020) ini turut dihadiri Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung Ir.Ferynia, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Masykur Hasan beserta beberapa kepala OPD, tokoh akademisi Prof.Dr.Ir.Muhajir Utomo, M.Sc. dan Dr.Farida Ariyani, M.Pd., penggiat sejarah Arman AZ serta  tokoh adat Pubiyan Margakaya Pringsewu, Khaidir Arif sebagai narasumber.

Bupati Pringsewu Sujadi dalam sambutannya mengatakan pembuatan dokumentasi sejarah menjadi sangat penting serta menjadi pondasi utama dalam membangun sebuah bangsa, karena menghormati sejarah adalah bagian dari budi pekerti.

Dalam rangka penyelamatan arsip sejarah tentang masa kolonisasi Pringsewu, kata Sujadi, diperlukan penelusuran serta penggalian mendalam. Selain itu, sejalan dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, arsip juga tak hanya disajikan berdasarkan dokumen konvensional saja, tetapi juga dengan memanfaatkan teknologi, diantaranya dalam bentuk video dengan audio visual sehingga lebih menarik.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pringsewu Ir.Suheriyanto mengatakan tujuan diluncurkannya naskah sumber arsip dan video dokumenter tersebut dalam rangka menyelamatkan arsip yang bernilai sejarah serta sebagai sumber informasi valid, sekaligus mewujudkan Pringsewu sebagai kabupaten yang peduli sejarah. (*/nh)
Related Posts

Related Posts

Post a Comment